PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku APM Suzuki di Dalam Negeri layak untuk berbangga hati, karena gacoan mereka di segmen kendaraan harga terjangkau (LCGC), yaitu Karimun Wagon R mendapatkan respon yang sangat baik di tanah air. Hal itu terlihat melalui meningkatnya wholesales maupun penjualan retail hingga Februari 2014 lalu.
Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri
Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), peminat Karimun Wagon R di Februari
sebesar 2.158 unit atau bertambah 27,47 persen dibandingkan dengan bulan
sebelumnya yang membukukan penjualan sebanyak 1.693 kendaraan.
Seperti disampaikan oleh 4W Sales, Marketing & DND
Director SIS Davy J Tuilan pada portal Rajamobil.com, Selasa (25/03) "Pada
Februari lalu untuk wholesales bertambah 27 persen dan untuk retail naik 15
persen".
Menurutnya, penjualan pada Januari dan Februari
meningkat jika dibandingkan dengan dua bulan perdana penjualan Karimun Wagon R,
hal tersebut dikarenakan pada November-Desember 2013 lalu kapasitas produksi
masih sedikit.
"Suzuki Karimun Wagon R sekarang ini masih cukup
medominasi pasar dengan angka sebesar 15 sampai 16 persen. Akan tetapi,
pencapaian tersebut masih belum meraih target market share awal Suzuki yang
mematok angka sebesar 20 persen karena masih terkendala produksi," ujar
Davy menambahkan.
Davy juga mengatakan bahwa hingga saat ini Suzuki
tetap menargetkan angka 20 persen konsumen Suzuki Karimun Wagon R sendiri untuk
para pengguna motor yang ingin berganti menggunakan mobil, 30 persen pengguna
mobil second, dan 50 persen bagi para pemilik mobil kedua.
Lebih lanjut, Davy menambahkan, hingga saat ini
pihaknya masih mengejar market share yang lebih besar untuk segmen mobil LCGC.