19.29
0
Astra Toyota Agya

Nama lengkap mobil mungil ini adalah Astra Toyota Agya, mobil berjenis hatchback, yang sengaja dibangun oleh pabrikan mobil asal Jepang, Toyota, untuk menghadapi pasar mobil murah di Indonesia yang tertuang dalam program LCGC atau Low Cost Green Car. Agya dibekali dengan mesin 3-silinder, 12 katup, VVT-i berkapasitas 998 cc. Melalui spesifikasi tersebut mobil ini mampu meghasilkan tenaga hingga 65 hp.

Ekspektasi pasar / konsumen di Indonesia terhadap mobil ini bisa dibilang cukup tinggi. Terlihat dari antusiasme masyarakat sejak saat pertama kali Agya diperkenalkan pada ajang Indonesia Internasional Motor Show 2012 bersama kembarannya Daihatsu Ayla. Bahkan hingga saat ini, meskipun belum resmi dipasarkan, permintaan (inden) terhadap Astra Toyota Agya sudah sangat tinggi.  

Harga mobil Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang masuk dalam kerangka LCGC diplot dikisaran angka 95 jutaan (Rp.80  Juta - Rp.110 Juta). Hal tersebut sesuai dengan ketentuan yang terdapat  dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 33 Tahun 2013 mengenai LCGC.